Biodata Ardhy

NIS : 2679
Nama : M.Ardhy Zulyo
Alamat : JL . Perindustrian II no 1259 RT 12 / RW 01 Sukarame
Palembang
HP /TELP : 0711-414196
Powered By Blogger

Rabu, 24 November 2010

10 Pajak Paling Konyol Didunia

1. Pajak Garam
Sungguh susah dimengerti kenapa garam dikenakan pajak. Ya, garam, Natrium Klorida, garam dapur yang asin itu dikenakan pajak. Hal ini yang disebut-sebut merupakan awal kehancuran kekaisaran Cina Dari Revolusi Prancis sampai Gandhi sendiri memprotes pajak garam ini sampai turun ke jalan pada 1930.

2.Danegeld
pajak yang tidak kalah konyol yaitu pajak yang harus dibayar dikarenakan seseorang tidak dibunuh oleh orang Denmark. Pajak konyol ini diterapkan oleh bangsa Saxon. Raja yang harus menderita karena hal ini adalah Raja Elthred, yang menjalani hidup penuh penderitaan olehorang Denmark.

3. Pajak Perapian
Ini bukti 'kreatifitas' bangsawan jaman dulu. Ketika uang sudah mepet, apa aja deh, yang penting dapat uang, akhirnya, pada 1660, Inggris benar-benar menerapkan pajak terhadap perapian. Akibatnya, para penduduk mulai mencari berbagai macam cara untuk menyembunyikan cerobong asap.

Pajak konyol ini akhirnya berhenti sejak adanya kebakaran besar pada 1684 yang merusak 20 rumah dan mengambil 4 nyawa, hanya karena pembuat roti yang berusaha menggunakan cerobong asap tetangganya secara sembunyi-sembunyi.

4.Pajak Orang Asing
Memang pajak seperti ini tidak terlalu aneh sih, sampai sekarang masih bisa ditemukan. Pada 1885, Kanada mulai memberikan pajak kepada imigran Cina dan akhirnya baru berhenti pada 1923. Lucunya, pajak ini berhenti bukan karena orang mulai merasakan kebersamaan sebagai manusia tanpa memandang ras, tapi karena Undang-undang Imigrasi Cina melarang adanya orang Cina masuk ke Kanada sama sekali.

5.Pajak Hadiah Nobel
penghargaan besar luar biasa ini juga dipajaki di Amarika. Bukan cuman itu aja, bahkan penghargaan semacam Pulitzer, pokoknya semua yang ada uangnya, kena pajak! Sudah susah payah kerja, sudah setengah mati bawa nama negara, eh, kena pajak juga.

6.Pajak Hidup
Pajak ini dikenakan karena anda hidup di dunia ini dan diberalkukan di Inggris pada abad ke 14. Wah, memang sungguh keterlaluan ya,orang hidup dikenakan pajak! Bukan nya semua orang punya hak hidup? Oleh sebab itu terjadi demonstrasi besar-besaran dan di berbagai tempat terjadi pemberontakan besar di Inggris karena adanya pajak yang gila ini.

7.Pajak tidak Setuju dengan raja
Pajak paling efektif untuk membuat lawan politik terdiam, Oliver Cromwell membuat pajak ini pada 1655. Oliver mengenakan pajak ini kepada bangsawan yang masih bertahan tinggal di Inggris setelah Oliver mengambil alih kekuasaan. Yang lebih parah lagi, uang pajak itu digunakan untuk membiayai pembentukan pasukan untuk melawan bangsawan lain.

8.Pajak Bebas Dari Perbudakan
Romawi Kuno tampaknya sadis juga. Pajak yang nama aslinya adalah manumission tax, adalah pajak khusus jika anda tidak lagi menjadi budak seseorang. Di beberapa kasus, pajak ini di bayarkan oleh seorang yang ingin membebaskan budaknya, walaupun tidak besar, tapi lumayan ngeselin juga kan?

9.Pajak Penghasilan tidak sah
IRS Amerika (Internal Revenue Service), semacam Dirjen Pajak gitulah, membuat peraturan yang berbunyi, "Penghasilan Tidak Sah, seperti uang yang didapat dari penjualan obat terlarang, harus anda cantumkan pada Formulir 1040, baris 21."

10.Pajak Jenggot
Bayangkan kalau anda harus bayar pajak hanya dikarenakan anda punya jenggot bahkan segala macam rambut yang ada diwajah anda (termasuk kumis) akan dikenakan pajak. Sungguh menyebalkan bukan? Tapi pajak ini benar-benar ada di Rusia pada jaman dulu. Adalah Peter the Great dari Rusia yang menerapkan pajak ini hanya karena dia tidak suka dengan adanya jenggot ataupun rambut apapun yang ada di wajah (termasuk kumis). Jadi, kalaupun ada yang nekad berkumis, maka dia harus bayar pajak yang lumayan berat. Tujuan pajak ini adalah untuk mengurangi orang memelihara kumis, jenggot, dsb.

Tidak ada komentar: